Langsung ke konten utama

WEB SERVER





SUMBER : https://idcloudhost.com/pengertian-web-server-dan-fungsinya/


    1. Pengertian Web Server dan Fungsinya



Pengertian Web Server dan Fungsinya
Webserver merupakan salah satu kebutuhan yang digunakan oleh user untuk website yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar dan juga akses yang cepat untuk trafik yang besar dalam mencegah terjadinya down pada suatu website atau aplikasi.
Pengertian Server atau Web server
Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.
Fungsi Server atau Web Server
Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi.
Salah satu contoh dari Web Server adalah Apache. Apache (Apache Web Server – The HTTP Web Server) merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak. Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya.
Beberapa dukungan Apache :
  • Kontrol Akses
    Kontrol ini dapat dijalankan berdasarkan nama host atau nomor IP CGI (Common Gateway Interface) Yang paling terkenal untuk digunakan adalah perl (Practical Extraction and Report Language), didukung oleh Apache dengan menempatkannya sebagai modul (mod_perl)
  • PHP (Personal Home Page/PHP Hypertext Processor)
    Program dengan metode semacam CGI, yang memproses teks dan bekerja di server. Apache mendukung PHP dengan menempatkannya sebagai salah satu modulnya (mod_php). Hal ini membuat kinerja PHP menjadi lebih baik
  • SSI (Server Side Includes)
Web server Apache mempunyai kelebihan dari beberapa pertimbangan di atas :
  1. Apache termasuk dalam kategori freeware.
  2. Apache mudah sekali proses instalasinya.
  3. Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi.
  4. Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya empat file konfigurasi.
  5. Mudah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya.
Untuk contoh lain dari Web Server.
  • Apache Tomcat
  • Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
  • Lighttpd
  • Sun Java System Web Server
  • Xitami Web Server
  • Zeus Web Server









2.Prinsip dan Cara Kerja Web Server


Apa itu Web Server?
Menurut Wikipedia, Web Server atau Server web merupakan sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkankembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Jadi, pada dasarnya web server hanyalah sebuah perangkat lunak yang bisa saja berada di komputer apapun dengan spesifikasi apapun. PC biasapun dapat berfungsi sebagai web server.
Karena web server hanyalah suatu perangkat lunak, saat ini banyak pilihan yang dapat kita pilih. Mulai dari yang gratis (free) sampai yang berbayar, mulai dari yang kompleks sampai yang bisa berjalan di CD. Beberapa diantaranya yang cukup banyak digunakan adalah Apache Web Server, Internet Information Services (IIS), Xitami, PWS, dsb.
Bagaimana Cara Kerja Web Server?
Lalu bagaimana prinsip atau cara kerja web server itu sendiri? Cukup sederhana untuk dipahami, karena pada dasarnya tugas web server hanya ada 2 (dua), yaitu:
  1. Menerima permintaan (request) dari client, dan
  2. Mengirimkan apa yang diminta oleh client (response).
Secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut:
Webserver 300x155
Penjelasan gambar:
  1. Client disini dapat berupa komputer desktop dengan minimal memiliki browser dan terhubung ke web server melalui jaringan (intranet atau internet).
  2. Komputer yang berfungsi sebagai server, dimana didalamnya terdapat perangkat lunak web server. Agar komputer ini dapat diakses oleh client maka komputer harus terhubung ke jaringan (intranet atau internet). Dalam jaringan internet, komputer ini bisa saja bernama www.google.comwww.bl.ac.id, atau memiliki kode komputer (disebut IP Address) seperti 202.10.20.10 dan 200.100.50.25.
  3. Pertama-tama, client (user) akan meminta suatu halaman ke (web) server untuk ditampilkan di komputer client. Misalnya client mengetikkan suatu alamat (biasa disebut URL) di browser http://www.google.com. Client menekan tombol Enter atau klik tombol Go pada browser. Lalu apa yang terjadi? Melalui media jaringan (bisa internet, bisa intranet) dan melalui protokol http, akan dicarilah komputer bernama www.google.com. Jika ditemukan, maka seolah-olah terjadi permintaan, “hai google, ada client yang minta halaman utama nich, ada dimana halamannya?”. Inilah yang disebut request.
  4. Sekarang dari sisi server (web server). Mendapat permintaan halaman utama google dari client, si server akan mencari-cari di komputernya halaman sesuai permintaan. Namanya juga mencari, kadang ketemu, kadang juga tidak ketemu. Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirimkan ke client (si peminta), namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404. Page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan.

SUMBER : http://achmatim.net/2008/07/09/prinsip-dan-cara-kerja-web-server/





3. Contoh Aplikasi Web Server


  1. XAMP
Xamp adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.
Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

  1. Apache HTTP Server

Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini mengunakan HTTP.
Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.
Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.
  1. IIS (Internet Information Services)
IIS adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0.
Berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadi fondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya.

  1. Wamp Server
Wamp Server merupakan sebuah aplikasi yang dapat menjadikan komputer maupun laptop anda menjadi sebuah server atau bisa dikatakan server offline. Kegunaan wamp server ini untuk membuat jaringan local sendiri dalam artian anda dapat membuat website secara offline yang biasanya untuk joomla, wordpress, dll. Wamp server hanya bisa digunakan untuk sistem operasi windows saja, jadi untuk pemakai linux tidak bisa memakai aplikasi ini. Sebenarnya fungsi wamp server ini sama dengan Xampp.
  1. AMPPS
AMPPS merupakan aplikasi web server ciptaan Softaculous dan bisa digunakan baik sebagai Webserver localhost ataupun di Onlinekan, karena AMPPS sudah mendukung banyak pengaplikasian, control panel yang sudah dapat diakses melalui browser dan sudah terintegrasi dengan segala pengaturan seperti hosting panel dan juga dapat langsung mengatur domain setting dan sebagainya. Softaculous Auto installer juga sudah termasuk disini, meskipun untuk memanfaatkan Auto installer ini diharuskan mempunyai koneksi internet.

https://ziozioo.wordpress.com/tag/contoh-aplikasi-web-server/Yaumil Ikhsan

Pengertian Apache


Apache adalah sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail(kegunaan basicnya). Selain itu, Apache juga diartikan sebagai suatu web server yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat digemari. Kesimpulan ini bisa didapatkan dari jumlah pengguna yang jauh melebihi para pesaingnya. Sesuai hasil survai yang dilakukan oleh Netcraft, bulan Januari 2005 saja jumlahnya tidak kurang dari 68% pangsa web server yang berjalan di Internet. Ini berarti jika semua web server selain Apache digabung, masih belum bisa mengalahkan jumlah Apache.
Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah. Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.
Saat ini ada dua versi Apache yang bisa dipakai untuk server produksi, yaitu versi mayor 2.0 dan versi mayor 1.3. Apache merupakan webserver yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab, di antaranya adalah karena sifatnya yang opensource dan mudahnya mengkostumisasikannya. diantaranya dengan menambahkan support secure protocol melalui ssl dan konektifitasnya dengan database server melalui bahasa scripting PHP .
1. Ab (Apache Bookmarking Tool)
Ab adalah Apache HTTP server benchmarking tool, yang intinya adalah untuk mengukur berapa kecepatan apache dalam menangani sejumlah request per unit waktu. Semakin besar nilainya (request/second) semakin baik. Nilai ini (request/second) bisa di-tuning dengan beberapa cara, misalnya dengan caching, php accelerator (zend, eAccelerator), dan lainnya. Sebuah contoh kasus pada blog yang menggunakan engine wordpress di dalamnya, sebelum menggunakan plugin cache (murni wordpress) bisa mendapat sekitar +/- 40 requests/second. Tapi setelah menambahkan plugin WP-Cache (disarankan:) WP-Super Cache bisa mencapai 400-an requests/second. Berikut link urlnya: http://elliottback.com/wp/why-my-wordpress-site-is-so-much-faster-than-yours/
2. Alias pada apache
Alias pada web server berfungsi jika kita ingin menampilkan web yang berada di luar directori default dari apache. Misal sebagai contoh terdapat web duniakamu yg berlokasi di /media/web/. Seharusnya web tersebut diletakkan di /var/www/ akan tetapi pada direktori defaul apache sudah terdapat file lain. Jika direktori duniakamu dimasukkan ke dalam direktori default apache akan menghasilkan kericuhan pada direktori itu. Untuk menghindari kericuhan itu bisa ditambahkan beberapa baris tulisan pada apache.conf tentang alias.
Alias /duniakamu “/media/web/duniakamu/”
Options Indexes MultiViews FollowSymLinks
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all
Setelah ditambahkan save dan restart web servernya sesuai directori dan versi web server, misal /etc/init.d/apache2 restart. Kemudian atur juga permision pada direktori duniakamu, atur agar smua user bisa membaca dan mengeksekusi, misal chmod 775 /media/web/duniakamu.
3. Masuk ke Directori Apache
Yang dimaksud dengan Directori Apache adalah direktori atau folder dimana terdapat kumpulan script atau konfigurasi file suatu web ( web yang menggunakan server apache).
Berikut ini adalah langkah-langkahnya :
a. Buka google.
b. pastekan kode di bawah ini di kolom search lalu tekan Enter.
“Apache/1.3.31 server at” intitle:index of
Perintah diatas digunakan untuk menyuruh mesin Google untuk menquery alamat website yang menggunakan server Apache versi 1.3.31 terutama index filenya.
c. buka salah satu alamat situs dari hasil pencarian google tersebut dan anda sudah bisa masuk ke direktori web tersebut.
4. Cara Menginstall Apache
Cara menginstall apache bisa melalui console juga bisa melalui module dari webmin.
Berikut adalah langkah-langkah Menginstall apache dengan module dari webmin.
Sebelum menginstall pastikan anda sudah login ke webmin anda. Namun jika di server anda sudah ada apache, maka tidak perlu melakukan langkah ini.
a. Untuk install, masuk ke webmin kemudian klik un-used module.
b. Maka akan keluar tulisan The Apache Webserver package can be automatically installed by Webmin. Click here to have it downloaded and installed using YUM. Kemudian klik di click here.
c. Setelah itu apache server siap dikonfigurasi. Jika apache sukses diinstall maka di tab servers akan keluar tulisa apache webserver.
d. Untuk mengecek apakah instalasi apache anda sudah berhasil atau belum, coba buka IP anda melalui firefox, http://IP_anda/.

https://duniakamu.wordpress.com/2010/02/22/pengertian-apache/


PENGERTIAN DAN MANFAAT DARI NGINX

Apa itu NGINX ?

Nginx (baca: engine x) adalah sebuah server HTTP dan reverse proxy bebas berbasis open-source yang berkemampuan tinggi, juga dapat digunakan sebagai server proxy IMAP/POP3. Perangkat lunak ini diciptakan oleh Igor Sysoev pada tahun 2002, dan dirilis untuk pertama kalinya secara umum pada tahun 2004. Saat ini Nginx digunakan oleh 7,65% (22.8juta) nama domain di seluruh dunia.
 Nginx adalah salah satu dari sebagian kecil perangkat lunak untuk server yang diciptakan untuk mengatasi Problem C10K. Tidak seperti perangkat lunak server yang umum lainnya, Nginx tidak bergantung kepada thread untuk melayani klien. Sebaliknya, Nginx menggunakan arsitektur asynkronus yang lebih stabil. Arsitektur ini membutuhkan lebih sedikit memory, dan yang lebih penting, dapat diperkirakan.

Manfaat dari NGINX

Nginx adalah web server yang sangat powerfull, menurut bechmark terbukti nginx unggul di static file dari pada apache dan lighttpd. Dengan penggunaan NGINX sebagai reverse proxy untuk apache maka beban server dapat di kurangi dan waktu loading untuk client-client NIMHOST juga dapat semakin cepat.  Jadi dapat di simpulkan penggunaan NGINX mempercepat loading time website.Di harapkan dengan adanya improvisasi ini, loading time client-client NIMHOST menjadi lebih cepat dan server pun menjadi lebih stabil.
Jadi kesimpulannya adalah NGINX itu erver HTTP dan Proxy dengan kode sumber terbuka yang bisa juga berfungsi sebagai proxy IMAP/POP3. Kode sumber nginx ditulis oleh seorang warga negara Rusia yang bernama Igor Sysoev pada tahun 2002 dan dirilis ke publik pada tahun 2004. Nginx terkenal karena stabil, memiliki tingkat performansi tinggi dan minim mengonsumsi sumber daya.

http://handisurahman.esy.es/artikel/pengertian-dan-manfaat-dari-nginx/

KONFIGURASI HTTPS DALAM LINUX DEBIAN

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah merupakan versi aman (secure) dari HTTP.
  1. Pembahasan Sebelumnya:
    instalasi debian 8 dan Seting IP Statik pada debian
    instalasi SSH Server pada debian
    instalasi NTP Server pada debian
    instalasi Samba Server pada debian
    instalasi DHCP Server pada debian
    instalasi DNS Server pada debian
    instalasi Web Server(HTTP) pada debian
    instalasi FTP Server pada debian
  2. Siapkan alat dan bahan yang sudah dibahas di pembahasan sebelumnya:
    • PC yang telah terinstall Virtual Machine
    • Debian server 8 dengan interface yang telah dikonfigurasi IP address,
    • DNS telah terinstal pada server dan berfungsi dengan baik.
    • Web server telah terinstal pada server dan berfungsi dengan baik.
    • DHCP telah terinstal pada server dan berfungsi dengan baik (opsional).
  3. Install paket ssl, dengan nama paket adalah “ssl-cert”, jalankan dengan perintah #apt-get install ssl-cert
ssl https debian - dpkg -i
jika paket tidak tersedia atau mungkin disk 3 debian tidak ada, anda bisa mendownlad paket ssl di link berikut. ssl-cert-check_3.27-2_all.deb
setelah download taruh file di /home, ganti nama agar mudah di penggil dari terminal. misalnya ssl.deb. lakukan perintah instalasi dengan perintah #dpkg -i /home/ssl.deb
  1. setelah paket ssl-cert berhasil terinstaal pada debian, lanjutkan dengan mengaktifkan mode untuk ssl dengan menggunakan perintah #a2enmod ssl seperti berikut:
 ssl https debian -a2enmod
  1. selanjutnya Aktifkan website untuk “default-ssl”. Dengan perintah #a2ensite default-ssl.conf
ssl https debian -a2ensite
  1. selanjutnya kita membuat folder untuk menaruh sertifikat ssl, yang nanti di akses oleh server. Buatlah folder “sertifikat” pada directory “/home”, kemudian lihat hasilnya dengan mengetikkan “ls”.
 ssl https debian - buat directory sertifika
  1. Buatlah sertifikat dengan perintah berikut:
root@serverdebian:~#openssl req –x509 –nodes –days 730 –newkey rsa:2048 –keyout /home/sertifikat/kunci.key –out /home/sertifikat/kunci.crt
Kemudian sesuaikan data diri berupa namaa negara, provinsi, kota dan lain-lain seperti gambar dibawah.
ssl https debian - perintah openssl
  1. Masuk ke directory “sites-available” yang letaknya pada directory “/etc/apache2” dilanjutkan dengan menampilkan isi direktorinya.
ssl https debian -seting default ssl conf
  1. Backup (copy) file “default-ssl.conf” menjadi default-ssl.conf.bak” pada folder yang sama. bckup dimaksudnkan untuk mengantisipasi kerusakan data pada default-ssl.confsaat kita jadikan praktik. gunakan perintah cp untuk mengcopy filessl https debian -backup file default
ssl https debian -menampilkan ls
  1. Pada file “default-ssl.conf” pastikan letak halaman web utamanya sudah benar.ssl https debian -configurasiPada file yang sama, kemudian ubah letak sertifikatnya.
 ssl https debian -configurasi 2
Sebelum keluar, jangan lupa menyimpan, Ctrl +O, dak keluar dengan Ctrl + X
  1. Restart apache2 nya sebelum melakukan pengujian.ssl https debian -restart
  2. Pengujian
Pengujian dapat dilakukan dari sisi client. Pastikan pada waktu merestart apache tidak terjadi kesalahan. Sebelum melaksanakan ujicoba pastikan komputer server dengan komputer client sudah terhubung dengan baik. Disarankan pengujiannya menggunakan browser “Mozilla firefox” karena untuk menampilkan bukti sertifikat lebih mudah.
  1. Bukalah browser yang terdapat pada client
  2. Ketikkan alamat domain pada address bar, lanjutkan dengan mengklik “advanced” dan diteruskan dengan mengklik “add exception” yang akan menampilkan jendela baru.
ssl https debian - pengujian1
  1. Lanjutkan dengan melihat sertifikat. Klik “view” untuk menampilkan sertifikat, kemudian “close” lanjutkan dengan “confirm…”
ssl https debian -pengujian
  1. Hasil akhir tampilan sesuai dengan halaman index yang dibuat.
      ssl https debian -pengujian web
  1. Cobalah untuk mengubah letak directory dari sertifikat.
  2. Cobalah untuk mengubah lokasi directory default https sehingga tampilannya berbeda dengan http.

https://akar2.wordpress.com/2017/04/07/konfigurasi-secure-web-server-https-di-debian/






Cara Konfigurasi HTTPS untuk Web Server di Debian 8


HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure), https berbeda dengan http. Berikut perbedaan http dengan https :
  • HTTPS menggunakan sertifikat sedangkan http tidak
  • Web Proxy biasa tidak bisa menyimpan web dengan https
  • Https lebih aman dibanding http
  • Http menggunakan port 80(default), https menggunakan port 443(default)
Dalam postingan ini saya akan memberikan tutorial cara konfigurasi https pada linux debian 8.

Jadi dalam mengamankan http atau web server biasa, kita menggunakan SSL(Secure Socket Layer). Kofigurasi kali ini kita akan menggunakan command dari OpenSSL. Kita akan menggunakan OpenSSL untuk membuat CA(Certificate Authority) pada server linux kita. Berikut langkahnya


1. Buat folder ssl pada directory apache2

#cd /etc/apache2/
#mkdir ssl

2. Membuat CA(Certificates Authority) dengan OpenSSL



Setelah itu anda akan diminta untuk mengisi beberapa data mengenai sertifikat yang akan anda buat, isikan sesuai dengan keinginan anda.

openssl linux debian 8

3. Tambahkan sertifikatnya ke Apache2

#cd /etc/apache2/sites-available
#nano defauls-ssl.conf 

ganti script awal menjadi seperti ini 
SSLCertificateFile     /etc/apache2/ssl/zona.crt
SSLCertificateKeyFile    /etc/apache2/ssl/zona.key

ssl apache2

4. Tambahkan VirtualHost Untuk Alamat Web Anda

tambahkan virtualhost untuk website yang akan menggunakan https, masih pada file default-ssl.conf, tambah di baris paling bawah
<VirtualHost _default_:443 >
ServerAdmin      nasrul@zonatkj.net.test
ServerName       zonatkj.net.test
ServerAlias        www.zonatkj.net.test
DocumentRoot  /var/www/html/zona-utama/
</VirtualHost>
virtualhost https


5. Aktifkan Default-SSL dan Modul SSL

#a2ensite default-ssl.conf 
#a2enmod ssl
#service apache2 restart
modul ssl


6. Buka Web Browser dan Masukkna alamal Web Anda

web server https

Jika muncul tampilan seperti di atas, klik bagian yang dilingkari

web teknik komputer dan jaringan


Kenapa ada tampilan yang menyebutkan Certificate Error ? Karena kita belum mengimport sertifikat kita, jadi kita perlu mengupload sertifikat kita ke client terhubung. Walapun begitu, dalam prakteknnya dalam jaringan lokal, kita tidak perlu melakukan import certificate ssl, namun ada baiknya jika kita juga tau cara import certificate ssl nya.


https://www.wanjay.com/2017/10/cara-konfigurasi-https-untuk-web-server.html




.

Instalasi Web Server Apache, PHP, dan MySQL dengan XAMPP

Tidak seperti kode HTML yang dapat langsung berjalan di web browser, halaman web yang ditulis dengan PHP harus diproses dalam sebuah aplikasi yang dinamakan Web Server. Web server inilah yang akan menerjemahkan kode PHP menjadi HTML dan mengirimnya ke web browser untuk ditampilkan.
Dalam “dunia nyata”, kita harus menyewa web server agar kode PHP dapat diproses dan diakses di internet. Namun aplikasi web server ini dapat diinstall di komputer lokal, dan inilah yang akan kita install dalam tutorial kali ini.
Untuk menjalankan kode PHP, kita setidaknya membutuhkan 3 jenis program, yakni:
  1. Aplikasi Web Server
  2. Aplikasi PHP
  3. Aplikasi Web Browser.
Untuk aplikasi web server, terdapat beberapa pilihan. Saat ini web server yang sering digunakan adalah Apache, Nginx, dan Microsoft IIS. Apache dan Nginx merupakan aplikasi open source dan dapat digunakan dengan gratis. Namun kali ini kita akan menjalankan PHP menggunakan Apache, karena Apache masih menjadi aplikasi web server yang paling banyak dipakai saat ini. Web Server Apache bisa di dapat di alamat: http://mirror.reverse.net/pub/apache/httpd/binaries/win32/.
Aplikasi selanjutnya adalah PHP itu sendiri. PHP bekerja sebagai “penerjemah” di dalam web server. PHP bisa di dapat di situs resminya dialamat: http://windows.php.net/download/
Akan tetapi, proses instalasi web server Apache dan PHP secara terpisah akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga butuh pengetahuan tentang konfigurasi Apache. Berita baiknya, terdapat banyak aplikasi yang membundel Apache+PHP. Beberapa diantaranya adalah XAMPPdan WAMP. Pada tutorial belajar PHP di duniailkom ini kita akan menggunakan XAMPP.


Cara Menginstall XAMPP 1.8.3

XAMPP adalah singkatan dari aplikasi dalam ‘paketnya’, yaitu: X (berarti cross-platform, maksudnya tersedia dalam berbagai sistem operasi), Apache Web Server, MySQL, PHP dan Perl. Dengan menginstall XAMPP, secara tidak langsung kita telah menginstall keempat aplikasi tersebut.
Versi terbaru XAMPP dapat diakses dialamat www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html. Pada saat tutorial ini diupdate (Desember 2014) versi terakhir XAMPP  adalah XAMPP 5.5.19 dan XAMPP 5.6.3. Jika anda ingin menginstall XAMPP versi 5.6.3, silahkan lanjut ke tutorial Cara Menginstall XAMPP 5.6.3 di Windows. Pada tutorial kali ini saya akan menginstall XAMPP versi1.8.3. File ini dapat di download di link berikut: XAMPP 1.8.3.
XAMPP juga menyediakan versi portable yang bisa diinstall di flashdisk, terdiri dari bentuk aplikasi (exe), zip dan 7zip. Untuk XAMPP versi ini, anda bisa mendapatkannya di http://sourceforge.net/projects/xampp/files/XAMPP%20Windows/1.8.3/.
Dalam contoh kali ini saya menggunakan versi XAMPP 1.8.3 dalam bentuk file exe sebesar 140 MB. Anda juga boleh menggunakan versi portable yang memiliki ukuran file lebih kecil.
Setelah aplikasi installer XAMPP berhasil di unduh, langkah selanjutnya adalah menginstall XAMPP. Double klik file xampp-win32-1.8.3-5-VC11-installer (mungkin nama file XAMPP anda akan sedikit berbeda).
Apabila pada komputer terpasang anti virus, akan muncul jendela peringatan untuk sementara mematikan anti virus. Anda boleh mengikuti instruksi ini, atau mengabaikannya dan lanjut ke tahap selanjutnya.
Cara Menginstall XAMPP - Peringatan Anti Virus
Jika anda menggunakan Windows Vista atau 7, akan muncul tampilan peringatan untuk tidak menginstall XAMPP pada folder default di C:\Program Files. Hal ini disebabkan proteksi keamanan dari Windows akan menghalangi beberapa fitur dari XAMPP. Karena itu sebaiknya folder instalasi XAMPP kita pindahkan ke D:\XAMPP.
Cara Menginstall XAMPP - Peringatan untuk mematikan UAC
Setelah 2 jendela peringatan, jendela tampilan awal instalasi XAMPP akan muncul, klik next untuk melanjutkan.
Cara Menginstall XAMPP - Jendela awal instalasi
Tampilan berikutnya adalah “Select Component”, pada layar ini anda bisa memilih aplikasi apa saja yang akan diinstall. Disarankan untuk membiarkan pilihan default, dalam hal ini semua aplikasi akan diinstall. Namun jika anda memiliki kendala akan keterbatasan ruang harddisk, anda bisa memilih aplikasi penting seperti Apache, MySQL, PHP, dan phpmyadmin. Setelah itu, lanjutkan dengan klik tombol next.
Cara Menginstall XAMPP - Pilih Komponen yang akan Diinstall
Pada tampilan berikutnya, “Installation Folder” anda dapat mengubah folder instalasi default XAMPP ke folder lain, dalam contoh ini saya akan memindahkannya ke D:\xampp. Lalu klik nextuntuk melanjutkan.
Cara Menginstall XAMPP - Ubah Folder Default
Tampilan layar “Bitnami for XAMPP” adalah iklan produk installer CMS dari XAMPP. Karena kita tidak memerlukannya saat ini. Hapus centang dari pilihan “Learn more about BitNami for XAMPP”, lalu klik tombol next.
Cara Menginstall XAMPP - Iklan BitNami
Jika semuanya berjalan lancar, tampilan berikutnya adalah “Ready to Install”, klik tombol nextuntuk memulai proses instalasi.
Cara Menginstall XAMPP - Mulai Proses Instalasi
Cara Menginstall XAMPP - Proses Instalasi Sedang Berlangsung
Proses intallasi akan berjalan beberapa saat, hingga layar tampilan menjadi “Completing the XAMPP”. Biarkan ceklist “Do you want to start the Control Panel now?” karena kita akan langsung mencoba XAMPP setelah ini.
Akhiri proses installasi XAMPP dengan klik tombol Finish.
Cara Menginstall XAMPP - Proses Instalasi Selesai
Setelah XAMPP berhasil diinstal, akan muncul layar “XAMPP Control Panel”. Pada jendela inilah kita akan menjalankan seluruh aplikasi yang ada di XAMPP, yang diantaranya adalah Apache Web Server dan MySQL.
Untuk test drive dari XAMPP, langsung saja klik tombol Start pada bagian Action Apache. Sesaat kemudian Module Apache akan berwarna hijau menandakan aplikasi Web server Apache sudah berjalan.
Cara Menginstall XAMPP - Web Server Apache Telah Berjalan
jika firewall terpasang dalam komputer anda, akan muncul jendela peringatan untuk membolehkan web server Apache berjalan melewati firewall. Pastikan untuk melewatkan web server Apache tersebut dengan mencentang checklist yang tersedia, lalu klik Allow access.
Cara Menginstall XAMPP - Jendela Blokir Firewall
Selanjutnya buka web browser, misalnya Mozilla Firefox. Pada kolom address ketikkan localhost, dan tekan Enter.
Cara Menginstall XAMPP - Ketik Localhost pada Web BrowserJika anda melihat halaman XAMPP, berarti instalasi XAMPP telah berhasil dan Web Server Apache telah berjalan.
Cara Menginstall XAMPP - Tampilan Localhost XAMPP

https://www.duniailkom.com/cara-menginstall-php-dengan-xampp/



Tutorial Cara Konfigurasi DNS Server di Linux Debian

Sumber Dari: http://www.begal-tech.com/2015/05/tutorial-cara-membuat-konfigurasi-dns.html#ixzz5QyA7wuIY
Setelah sekian lama blog ini jarang update artikel, nah di artikel ini saya akan menjelaskan dan berbagi tutorial singkat tentang cara konfigurasi dns server di linux debian 5.0.6 lenny via virtualbox. Apa itu DNS Server dan bagaimana cara membuatnya ? saya akan jelaskan secara singkat pengertian dns server dan cara kerjanya beserta cara konfigurasinya sampai pengujian di bawah ini dan selain itu disini saya juga akan share vidio tutorial konfigurasi dns server di linux debian.


Pengertian DNS Server

DNS atau Domain Name Service adalah sebuah sistem yang dikembangkan untuk mengelola penamaan suatu komputer, layanan ataupun sumber daya di jaringan yang disusun secara hirarki dan terdistribus.

DNS berfungsi untuk menerjemahkan nama-nama host (hostname) menjadi nomor IP (IP address) ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet. DNS Server juga membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail.

Cara Membuat / Konfigurasi DNS Server di Linux Debian

Sebelum membuat atau konfigurasi dns server di linux debian, alangkah baiknya anda sudah menginstal linux berbasis text dan sudah bisa menjalankan atau mengoperasikan sistem operasi tersebut. Setelah itu mari kita simak tutorialnya berikut ini.

A. Instal OS Linux Debian [berbasis text]
B. Konfigurasi jaringan
Sebelum konfigurasi cek dulu apakah network di linux anda sudah di setting atau belum, jika belum perintah untuk mengeceknya adalah ketik ifconfig lalu enter. jika belum di setting, lakukan hal berikut.  
- Edit network interfaces dengan cara ketik perintah : nano /etc/network/interfaces
- Hapus dhcp diganti dengan static
- Lalu ketik perintah seperti gambar berikut 


- Jika sudah save dengan cara : CTRL+X > Save > Enter
- Setelah itu restart network / os anda, ketik perintah : /etc/init.d/networking/restart atau reboot
- Cek apakah sudah terkonfigurasi dengan benar atau belum dengan cara, ketik : ifconfig


C. Instal Bind9
Bind9 merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat DNS Server, cara menginstallnya seperti berikut.
- Masukan CD / File ISO terlebih dahulu. [Device > CD/Drive > Cari file ISO nya]
- Ketik perintah : apt-get install bind9


- Pilih Y 
- Lakukan restart bind9 anda atau os linux anda, caranya seperti tadi : reboot



D. Konfigurasi DNS Server
Sebelum konfigurasi alangkah baiknya anda terlebih dahulu file atau folder apa saja yang akan di konfigurasi, file yang akan dikonfigurasi :
  • named.conf.local
  • db.veri [db.local]
  • db.tkjb [db.local]
  • db.192
  • named.conf.options
  • resolv.conf
Setelah anda mengatahui file yang akan di konfigurasi, mari kita lakukan konfigurasi / cara membuat dns server. Caranya sebagai berikut :

1. Masuk ke folder bind terlebih dahulu : cd /etc/bind


2. Edit file named.conf.local : nano named.conf.local  lalu isikan perintah seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah save Ctrl+X > Y > Enter


3. Copy db.local ke db.veri dan db.xitkjb serta db.127 ke db.192, dengan perintah


4. Edit file db.veri ketik : nano db.veri 
Ganti localhost dengan nama domain anda, contoh : Ctrl+W > Ctrl+R > tulis : localhost > Enter > nama domain > Enter > A
Isi dan ubah filenya seperti di gambar berikut :


5. Edit file db.xitkjb ketik : nano db.xitkjb
Ganti localhost dengan nama domain anda, contoh : Ctrl+W > Ctrl+R > tulis : localhost > Enter > nama domain > Enter > A
Isi dan ubah filenya seperti di gambar berikut :


6. Edit file db.192 : nano db.192
Ganti localhost dengan nama domain anda, contoh : Ctrl+W > Ctrl+R > tulis : localhost > Enter > nama domain > Enter > A
Isi dan ubah filenya seperti di gambar berikut :


7. Edit file named.conf.options ketik : nano named.conf.options
Hapus slash //, dan 0.0.0.0 ganti menjadi IP Address anda, misal : 192.168.1.32 Setelah itu Save


8. Edit file resolv.conf ketik : nano /etc/resolv.conf 
Ubah dan tambahkan isi file tersebut seperti dibawah ini.


9. Restart Bind9 anda, ketik : /etc/init.d/bind9 restart

    10. Pengujian DNS Server anda menggunakan perintah nslookup [nama domain]


    **Note :
    1. Anda bisa membuat 1 domain untuk dns saja, di tutorial ini saya membuatnya 2 domain. Cara membuatnya sama saja.
    2. File nama db.veri / db.xitkjb bisa anda ubah menjadi db.[nama_file] sesuka anda.
    3. Anda bisa menambahkan mail pada file db.veri, db.xitkjb, dan db.192.
    4. Jika saat anda merestart konfigurasi jaringan dan bind9 terjadi failed !!, coba cek kembali konfigurasinya.
    5. Pengujian bisa dilakukan dengan cara lain, seperti ping [ip domain] atau lainnya.

    Vidio Tutorial Cara Konfigurasi DNS Server di Linux Debian




    Sumber Dari: http://www.begal-tech.com/2015/05/tutorial-cara-membuat-konfigurasi-dns.html#ixzz5QyAFyMiZ





    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    LAPORAN KONFIGURASI VOiP MENGGUNAKA AKSON DAN ZOIPER

    TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN XI TKJ 2 TUGAS KELOMPOK 1 1.MAELA ALFA FAUZA 2.NURUL KHAMIDAH 3.RIZQI KURNIAWATI 4.SAUSAN NABILA LAPORAN KONFIGURASI VOiP MENGGUNAKA AKSON DAN ZOIPER 1.Langkahpertama,bukaaplikasi  AXON VIRTUAL PBX  2.langkahkedua,installapplikasitersebut 3.langkahselanjutnya,tunggusampaiprosesnyaselesai 4.langkahselanjutnya,klik skip 5.kemudianisikan,penggunanya . 6.kemudiannext,tunggusampai loading selesai 7.kemudian finish untukmemulaimembuat admin pada Axon Setelahfinish,akanmucultampilansepertidibawahiniklik web panel 8.kemudian login dengan admin 9.kemudian add extention Kemudianloggin Untukmembuatekstensi ,isinama,password.Cheklist yang ada di extension dihapus .setelahitu,save changes. Isikan sesuai dengan extensi yang di inginkan. Initampilan yang kitabuatyang sudahdisave. Jikasudah,kita install Zoiperuntukmenghubungka

    Asal Usul Wonopringgo Pekalongan

                                                      ASAL USUL DESA WONOPRINGGO      Disebuah hutan yang penuh ditumbuhi pohon pring atau bambu pada masa penjajahan Belanda dijadikan tempat untuk berlindung dari serangan pasukan Belanda. Kita ketahui Belanda menjajah negeri kita selama 350 tahun termasuk daerah hutan bambu juga tidak luput dari pasukan Belanda yang berusaha menguasai daerah tersebut. Untuk menguasai daerah tersebut terjadilah peperangan antara pasukan Belanda dengan penduduk pribumi, pada masa itu pasukan Belanda dipimpin oleh seorang jenderal yang bernama jendral Baron Sekeder mendapat perlawanan dari orang pribumi yang dipimpin oleh Kanjeng Syeh Subakir peperangan berlangsung lama setelah berulang kali terjadi perang akhirnya pasukan Belanda dapat dikalahkan oleh pasukan pribumi yang dipimpin oleh kanjeng syeh Subakir. Dengan dikalahkannya pasukan Belanda oleh penduduk pribumi pasukan Belanda menyingkir menuju keselatan ke daerah Rogoselo. Berakhirnya pep