Langsung ke konten utama

TEKAJE TEKNOLOGI WAN

          ACCES POINT

pengertian access pointAccess Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.
Atau Agar kita lebih mudah untuk memahaminya maka bisa dibilang sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan alat-alat dalam suatu jaringan, dari dan ke jaringan Wireless.

Fungsi Access Point dan manfaat

fungsi access pointSecara garis besar, access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin diperinci lebih jelas lagi fungsi access point adalah sebagai berikut :
1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel
Nah itulah beberapa fungsi dari access point. Jadi jika anda punya alat radio wireless anda bisa setting radio anda dengan mode access point. Setiap radio berbeda beda setting access pointnya. Namun pada dasar nya sama. Nanti akan saya berikan petunjuk cara setting access point di beberapa radio yang berbeda seperti TP LINK, UBNT, Mikrotik dan lain lain.

Cara Konfigurasi Access Point TP-LINK TL-MR3420

Pada perangkat jaringan wireless Access Point yang perlu dikonfigurasi adalah:
  • IP Access Point
  • SSID
  • Wireless Security
  • DHCP Server
Tutorial ini menggunakan Access Point TP-LINK TL-MR3420 versi 2.3. Default konfigurasi seperti IP Access Point, SSID, Key, Username dan Password terletak di bawah Access Point. Untuk TL-MR3420 IP default 192.168.0.1, username admin password admin untuk login web config. Dan write my paper for me DHCP server aktif mulai dari IP 192.168.0.100 sampai 192.168.0.199.
TP-Link MR 3420 versi 2
TP-Link MR 3420 versi 2
Untuk melakukan konfigurasi pasang kabel UTP pada port LAN yang berwarna kuning seperti pada gambar di bawah ini. Jika konfigurasi menggunakan laptop sebaiknya nonaktifkan interface wireless terlebih dahulu.
TP-Link MR 3420 versi 2
TP-Link MR 3420 versi 2
Buka browser lalu login ke web config TP-LINK, http://192.168.0.1 dengan username admin password admin. Bagian sebelah kiri menu konfigurasi, tengah form konfigurasi, dan sebelah kanan keterangan tentang halaman konfigurasi.
TP-Link
Control Panel TP-Link

Konfigurasi IP Access Point

* Network->LAN.
* Masukkan IP Address serta Subnet Mask.
* Save.
TP-Link - Network
TP-Link – Network

Konfigurasi SSID

* Wireless->Wireless Settings.
* Masukkan nama SSID pada Wireless Network Name. SSID ini yang akan tampil ketika ingin terhubung ke wireless.
* Save.
TP-Link - Wireless
TP-Link – Wireless

Konfigurasi Password Wifi

* Wireless->Wireless Security.
* Pilih WPA/WPA2 – Personal.
* Masukkan password pada Wireless Password minimal 8 karakter.
* Save.
TP-Link - Wireless Security
TP-Link – Wireless Security

Konfigurasi DHCP Server

* DHCP->DHCP Settings.
* Untuk mengaktifkan pilih Enable pada DHCP Server.
* Pada Start/End IP Address masukkan rentang IP Address yang akan diberikan ke client secara otomatis.
* Pada tutorial ini diberikan mulai dari IP Address 192.168.0.100 sampai 192.168.0.199. Tapi IP Address di bawah 192.168.0.100 dan di atas 192.168.0.199 tetap bisa digunakan tapi harus dikonfigurasi secara manual di client.
* Address Lease Time adalah durasi berapa lama IP Address disewakan ke client, defaultnya selama 120 menit. Misalnya diberikan IP Address 192.168.0.100 ke salah satu device (MAC Address) maka selama 120 menit IP Address tersebut hanya bisa digunakan oleh satu device tersebut. Meskipun devicenya essay writing websites sudah tidak terkoneksi lagi dengan access point IP Address 192.168.0.100 tetap tidak bisa digunakan selama 120 menit.
* Save. Reboot.
TP-Link - DHCP Server
TP-Link – DHCP Server
Untuk melihat IP Client yang telah terkoneksi buka menu DHCP Client List.
TP-Link - DHCP Client List
TP-Link – DHCP Client List
Access Point sudah dapat digunakan untuk kebutuhan jaringan Wireless LAN.
1.   ALAT DAN BAHAN :
·        ACCESS POINT
·        PC ATAU LAPTOP
·        KABEL STRAIGHT (KABEL UTP + RJ45)

https://musaamin.web.id/cara-konfigurasi-access-point-tp-link-tl-mr3420/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEB SERVER

SUMBER : https://idcloudhost.com/pengertian-web-server-dan-fungsinya/     1. Pengertian Web Server dan Fungsinya Webserver merupakan salah satu kebutuhan yang digunakan oleh user untuk website yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar dan juga akses yang cepat untuk trafik yang besar dalam mencegah terjadinya down pada suatu website atau aplikasi. Pengertian Server atau Web server Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Fungsi Server atau Web Server Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web

LAPORAN KONFIGURASI VOiP MENGGUNAKA AKSON DAN ZOIPER

TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN XI TKJ 2 TUGAS KELOMPOK 1 1.MAELA ALFA FAUZA 2.NURUL KHAMIDAH 3.RIZQI KURNIAWATI 4.SAUSAN NABILA LAPORAN KONFIGURASI VOiP MENGGUNAKA AKSON DAN ZOIPER 1.Langkahpertama,bukaaplikasi  AXON VIRTUAL PBX  2.langkahkedua,installapplikasitersebut 3.langkahselanjutnya,tunggusampaiprosesnyaselesai 4.langkahselanjutnya,klik skip 5.kemudianisikan,penggunanya . 6.kemudiannext,tunggusampai loading selesai 7.kemudian finish untukmemulaimembuat admin pada Axon Setelahfinish,akanmucultampilansepertidibawahiniklik web panel 8.kemudian login dengan admin 9.kemudian add extention Kemudianloggin Untukmembuatekstensi ,isinama,password.Cheklist yang ada di extension dihapus .setelahitu,save changes. Isikan sesuai dengan extensi yang di inginkan. Initampilan yang kitabuatyang sudahdisave. Jikasudah,kita install Zoiperuntukmenghubungka

REMOTE SERVER

                                                          REMOTE SERVER  1.Pengertian Remote Server        Secara definisi, remote server adalah server yang anda akses sebagai bagian dari proses client tanpa membuka koneksi terpisah, berbeda, ataupun langsung. SQL Server mengatur komunikasi antar server menggunakan RPC. SQL Server yang client terkoneksi oleh client yang bersangkutan membuka koneksi lain ke remote server dan mengajukan permintaan stored procedure ke remote server. Setiap hasil yang dikirim melewati server local, yang mana nantinya juga akan melewatkan hasilnya ke aplikasi client yang memulainya (lihat gambar 1). Gambar 1. Remote server diakses melewati local server, dan client hanya memelihara satu koneksi ke local server Anda memanggil remote procedure sama dengan memanggil local procedure, perbedaannya hanyalah anda harus menambahkan nama procedure dengan nama server. Berikut sintaksnya: remote server lebih terbatas dalam hal fungsionalitas dan sedi